Admin
2020-08-11

6 Negara Tujuan Beasiswa NTB

blog image
Tahukah kamu? Saat ini NTB sudah bekerjasama dengan 6 negara untuk program Beasiswa NTB loh. Berawal dari tahun 2018, negara Polandia adalah negara pertama yang berhasil mengawali kerjasama dengan Lembaga Pengembangan Pendidikan NTB (LPP) NTB untuk program Beasiswa NTB. Terdapat dua kampus pelopor yang diantaranya Collegium Civitas dan Vistula University. Sampai saat ini, sudah terdapat 72 mahasiswa yang berhasil dikirim ke Polandia untuk menempuh pendidikan S2. Beasiswa NTB tujuan Polandia adalah Beasiswa Kategori A yang mendapatkan pembiayaan penuh sesuai dengan yang telah ditentukan.

Selanjutnya di 2019, LPP NTB mulai memperluas dan memperbanyak tujuan negara untuk Beasiswa NTB salah satunya Negeri Jiran Malaysia. LPP NTB telah menandatangani Surat Perjanjian Kerjasama dengan 16 Perguruan Tinggi Negeri yang ada di Malaysia. Namun, pada tahun 2019, awardee Beasiswa NTB baru hanya terdaftar di 5 kampus ternama antara lain UPSI, UTEM, UKM, USM dan UUM. Sama halnya dengan Polandia, Beasiswa NTB tujuan Malaysia ini juga termasuk dalam kategori A (Fully Funded) dimana sebanyak 134 orang mahasiswa telah menjadi penerima Beasiswa NTB di 2019.

Secara mengejutkan, di tahun yang sama, LPP NTB menjalin kerjasama dengan 2 negara sekaligus diantaranya Negeri Tirai Bambu dan Taiwan. Bentuk nyata kerjasama pemerintah China dengan pemerintah NTB terkait Beasiswa NTB yakni dengan memberikan kesempatan untuk anak NTB mendapatkan Beasiswa Chinese Scholarship Government dan juga dengan memfasilitasi LPP NTB untuk bekerjasama dengan beberapa kampus pilihan yang ada di China. Hal yang sama juga untuk Taiwan, LPP NTB bekerjasama dengan Chaoyang University of Technology dimana LPP NTB diberikan kuota beasiswa untuk para dosen melanjutkan S3 di kampus ini. Sejauh ini jumlah mahasiswa yang menempuh pendidikan di China dan Taiwan masing-masing sebanyak 25 orang dan 11 orang. Di tahun 2020, Beasiswa NTB mendapat kabar baik dimana terdapat 2 negara yang berhasil diajak kerjasama antara lain Rusia dan Ceko. Kedua beasiswa ini memiliki perbedaan kategori yakni untuk Beasiswa Rusia termasuk dalam kategori B (Partial Funded) dan Ceko termasuk kategori A (Fully Funded).

Rencananya, pada bulan Oktober 2020 sebanyak 155 orang mahasiswa akan diberangkatkan ke luar negeri untuk menempuh pendidikan S2 di 5 negara diantaranya 32 orang ke Polandia, 3 orang ke Ceko, 4 orang ke Rusia dan 110 orang ke Malaysia serta 6 orang ke China. Hampir sebagian besar penerima Beasiswa NTB berasal dari 2 daerah yakni Mataram dan Lombok Timur yang kebanyakan mengambil studi pendidikan S2. Di tahun yang sama, LPP NTB berhasil menambah 2 kampus untuk Beasiswa NTB negara Polandia dan 3 kampus ternama untuk Beasiswa NTB tujuan Negeri Jiran Malaysia. Saat ini, pihak LPP NTB masih melakukan komunikasi untuk menambah kerjasama program Beasiswa NTB diantaranya negara Norwegia, Turki dan Hungaria. Hal ini dilakukan untuk mencapai program Gubernur melalui Beasiswa NTB yakni mengirim 1000 cendekiawan untuk menempuh pendidikan ke luar negeri.